Ajang LKTI Para Prajurit Teknokrat STTAL

TNI AL-STTAL Surabaya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa STTAL dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 15 Januari 2021, yang mengambil Tema “Kreativitas dan Inovasi Civitas Akademika STTAL Menuju Terwujudnya TNI yang Profesional, Tangguh dan Modern”, yang pelaksanaannya digelar mulai tanggal 26 November 2020 s.d. 8 Januari 2021 yang diikuti 72 peserta dari seluruh mahasiswa STTAL di Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Selasa (20/01/2021).

Sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangganya akan prestasi para mahasiswanya, Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. secara langsung memberikan hadiah berupa uang pembinaan dan Piagam Penghargaan kepada para juara LKTI Mahasiswa STTAL dari S2 yakni: Juara I diraih oleh Kapten Laut (T) Anton Nugroho, S.T. dari Prodi S2 Asro Angkatan VII dengan total nilai 266 berjudul “Inovasi Pemanfaatan Coilgun Dengan Menggunakan Medan Elektromagnetik Sebagai Alat Pelontar Proyektil” dan Juara II diraih oleh Mayor Laut (T) Yudha Sukma Perdana, S.T. dari Prodi S2 Asro Angkatan VII dengan total nilai 263 berjudul “Analisa Potensi Pengembangan Termoelektrik di Lingkungan TNI AL Dengan Pendekatan Metode Systematic Literature Review serta Juara III diraih oleh Kapten Mar Rachmad Triadi, S.T. dari Prodi S2 Asro Angkatan VIII dengan total nilai 255, yang berjudul “Jetsky PWC dan Drone serta Anti Drone Set Tim WFQR Western Fleet Quick Respone”.

Sedangkan Wakil Komandan STTAL, Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T. memberikan Hadiah kepada para Juara LKTI Mahasiswa STTAL dari S1 yakni: Juara I diraih oleh Kapten Laut (P) Haji Mulyono dari Prodi S1 Teknik Manajemen Industri Angkatan XLI dengan total nilai 268 berjudul “Pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Menuju Perguruan Tinggi Unggul Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” dan Juara II diraih oleh Lettu Laut (E) Adam Jodi dari Prodi S1 Teknik Elektronika Angkatan XLI dengan total nilai 261 berjudul “Pemanfaatan Robot Pendeteksi Ranjau Darat Guna Mendukung Operasi Pendaratan Pasukan Amphibi Berbasis Mikrokontroler Arduino” serta Juara III diraih oleh Kapten Laut (T) Aang Kunaefi dari Prodi S1 Teknik Mesin Angkatan XLI dengan total nilai 255 berjudul “Optimalisasi Sistem Pemeliharaan Terencana di KRI Dalam Mendukung Kesiapan Operasional TNI AL”.

Untuk hadiah para Juara LKTI Mahasiswa STTAL dari D3 diberikan oleh Seklem STTAL Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd. kepada Juara I diraih oleh Sertu Sba Muflikhun Najib dari Prodi D3 Teknik Informatika Angkatan XV dengan total nilai 265 berjudul “Penyempurnaan Sistem Pendidikan Mahasiswa STTAL Yang Kreatif Dan Inovatif Mewujudkan Teknokrat Profesional Tangguh dan Modern”, dan Juara II diraih oleh Sertu Mar Nurdiyanto dari Prodi D3 Teknik Mesin Angkatan XV dengan total nilai 260 berjudul “Rancang Bangun Sistem Pengisian Daya Batery Pada Alat Komunikasi Personel Marinir Secara Otomatis” serta Juara III diraih oleh Sertu Nav Tri Jatmiko dari Prodi D3 Angkatan XVI dengan total nilai 257 berjudul “Membangun Kesadaran Mahasiswa Dalam Menjaga Kesehatan Jasmani Dan Rohani”.

Para peraih Juara tersebut sesuai dengan hasil dari keputusan Dewan Juri yang terdiri dari, Seklem STTAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd. dan Kadeprenalog STTAL, Letkol Laut (T) Dr. Okol Sri Suharyo, S.T., M.T., CTMP., serta Kabagkerma STTAL, Letkol Laut (E) Suprayitno, S.Si., M.MT., dengan Bobot Penilaian antara lain: Aturan sistematika penulisan 5 %, Kreativitas, ide, gagasan 40 %, Kesesuaian dengan tema 20 %, Pustaka dan sumber literasi lainnya15 % serta Tata bahasa Indonesia 20 %.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa STTAL untuk lebih mengasah ilmu pengetahuan, kreativitas maupun inovasi guna mendukung pembinaan kekuatan maupun kemampuan TNI/TNI AL dan bertujuan guna menjaring semua ide, gagasan dari berbagai sudut pandang, sekaligus memperoleh hasil inovasi dan kreativitas di bidang pembinaan kekuatan maupun kemampuan TNI AL/TNI serta menguatkan peran STTAL dalam mencetak prajurit teknokrat yang profesional untuk TNI/TNI AL, Bangsa dan Negara demi kemajuan Indonesia, ungkap Ka BEM STTAL Mayor Laut (P) Rifki Najib, S.T.

Kegiatan ini tentunya dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6