CIVITAS AKADEMIKA STTAL PERINGATI HUT TNI AL KE 71

Surabaya, 13 September 2016,–

Seluruh Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mengikuti upacara peringatan HUT ke-71 TNI AL yang dipimpin langsung oleh  Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Siswo H.S., M.MT., di Lapangan Apel STTAL,  Bumimoro, Surabaya, Selasa (13/9).

Pada kesempatan itu, Inspektur upacara membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.AP yang mengatakan bahwa sejarah telah mencatat, TNI AL senantiasa berkontribusi pada upaya mewujudkan tujuan nasional khususnya di bidang pertahanan. Untuk mewujudkan komitmennya, sesuai dengan tema peringatan hari ulang tahun TNI AL yaitu ” Melalui Aktualisasi Nilai-nilai Trisila, kita tingkatkan pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam mendukung pembangunan Nasional.” Tema ini bukan hanya sebuah pernyataan semata tetapi harus dipahami dan dilaksanakan substansinya oleh seluruh jajaran TNI AL.

“Oleh karena itu, dengan dilandasi ketiga nilai tersebut, tugas- tugas TNI AL dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap individu atau secara kolektif. Keberhasilan pelaksanaan semua  bentuk  tugas  yang  dimandatkan negara secara langsung akan mendorong tercapainya tujuan pembangunan nasional terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah saat ini,” ujar Kasal.

Perkembangan kemaritiman Indonesia saat ini, lanjutnya, memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintahan yang memiliki keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia. Jadi gagasan ini bukan saja mewujudkan ketahanan nasional namun juga ketahanan regional dan global.

Pada konteks inilah, TNI AL berperan sebagai komponen utama  pertahanan  lautdan  berfungsi  sebagai  penangkal,  penindak dan pemulih. Kesemuanya harus mampu dijalankan dengan baik agar pelaksanaan pembangunan nasional terbebas dari ancaman,  tantangan,  gangguan  dan hambatan.

Seperti yang kita pahami bersama bahwa tanggal 10 September 1945 telah ditetapkan sebagai hari jadi TNI Angkatan Laut. Momen ini mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada negara dan bangsa. Sejarah tersebut dimulai saat dibentuknya Badan Keamanan Rakyat Laut, organisasi ini dipelopori oleh para pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di Angkatan Laut Belanda dan Kaigun di masa pendudukan Jepang. Selanjutnya dengan terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat  tanggal 5 oktober 1945, BKR Laut bertransformasi menjadi TKR Laut yang selanjutnya berubah nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI).

Pada kesempatan itu, Komandan STTAL menyematkan Satya Lencana Jalasena Nararya kepada Serka Lis Joko Iswahyudi anggota Prodi S-1 Teknik Elektronika, STTAL.

 

Kabagpen STTAL

Mayor Laut (KH) Agus Setiawan

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6