DOSEN STTAL BEKALI WAWASAN KEBANGSAAN MAHASISWA UNESA

Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Kedisiplinan kini telah menjadi materi wajib dan harus dipahami oleh setiap mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Dalam rangka membekali mereka agar memiliki wawasan kebangsaan yang luas, rasa cinta dan bela Negara yang tinggi, serta menumbuhkembangkan karakter kedisiplinan yang kuat, Universitas Negeri Surabaya  bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut menggelar Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan dan Kedisiplinan selama empat hari (3 sd 6 April 2018) bertempat di Auditorium LP3M Unesa kampus Lidah Surabaya.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut, berturut-turut, meliputi: Kolonel Laut (KH) Dr Adi Bandono, M.Pd  yang menyampaikan materi “Dasar Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan”,  Kolonel Laut (E) Dr. I nengah Putra Aprianto, M.Si (Han) menyajikan materi “Sistem Pertahanan Semesta” Kolonel Laut R.Bambang Ispri Bandono, M.Si (Cant Doktor), membawakan materi “Penanggulangan Bencana Alam”, Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Sutrisno, MT, menyampaikan materi “Konsensus Dasar Kebangsaan”, dan Kolonel Laut (KH) Dr. Ahmadi, MM menyajikan materi “Bahaya Radikalisme dan Terorisme. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang menyumbangkan aspirasinya dan pemikirannya saat materi berlangsung.

Sementara itu peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 192 mahasiswa SM3T dan 138 Prajabatan. Tujuan dalam pelatihan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa bela negara pada jiwa pendidik, khususnya mahasiswa SM3T yang sudah melaksanakan tugas dan mahasiswa prajabatan yang akan melaksanakan tugasnya di daerah luar biasa (3T).  Pada kesempatan itu Kepala Pusat Pendidikan Profesi Guru (PPG), Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., sekaligus sebagai pembuka acara, menyampaikan bahwa materi-materi yang terkait dengan penumbuhkembangan wawasan kebangsaan, bela Negara dan kedisiplinan sudah merupakan materi yang wajib diberikan kepada mahasiswa.  “Kalau perlu materi ini disusun modulnya termasuk model pembelajarannya sehingga lebih efektif, efisien dan berdaya tarik”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang lain, Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Ir. Avando  Bastari, M.Phil, menyambut baik program pelatihan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Kedisiplinan yang diselenggarakan oleh Unesa.  “STTAL pada prinsipnya siap membantu, termasuk jika tenaga-tenaga ahlinya dibutuhkan untuk menyusun modul pembelajarannya” katanya.

(Pen STTAL)

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6