Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P. Berikan Kuliah Umum Mahasiswa STTAL

TNI AL – STTAL Surabaya, Laksamana TNI  (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P. memberikan kuliah umum kepada Civitas Akademika STTAL yang diikuti Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut  (STTAL)  Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., Wadan STTAL Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T. dan para Pejabat serta Dosen STTAL melalui Virtual di Kampus STTAL Jl. Bumimoro Surabaya. Rabu (7/10/2020)

Pada kegiatan kuliah umum yang disampaikan Narasumber Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E., M.A.P. bertemakan  “Pendekatan Kebijakan dan Strategi Pembangunan Kekuatan TNI Angkatan Laut Guna Mendukung Maritime Law  Enforcement “, dalam sambutan Komandan STTAL pada kuliah umum menyampaikan bahwa dalam perjalanan sejarah TNI Angkatan Laut terus berbenah dalam membangun kekuatan demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang profesional, tangguh guna mewujudkan Indonesia maju, dalam membangun kekuatan dan usaha yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut dengan mewujudkan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terintegrasi memiliki tingkat operasional yang tinggi dan menggunakan teknologi mutakhir serta memiliki kemampuan interoperability.

TNI Angkatan Laut membina kekuatan kesiapan operasional sebagai kekuatan utama matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara kesatuan R.I.  Usaha-usaha pembangunan kekuatan dilaksanakan untuk menjawab tantangan terhadap tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut salah satunya penegakan hukum di laut guna mendukung pembangunan maritim Indonesia.

Tantangan nyata terhadap usaha penegakan di laut dengan munculnya permasalahan hukum yang timbul dengan pesatnya perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan Unmanned Aerial Vehicle  (UAV) dan Unmanned Surface Vehicle (USV) di dunia maritim saat ini dengan tidak diiringi adanya aturan hukum dan regulasi yang jelas dari negara pengguna dalam pengembangan teknologi tersebut.

TNI Angkatan Laut dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis, dinamika ancaman dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita ketahui bahwa  Revolusi Industri 4.0 telah menghasilkan teknologi baru yang sangat mengagumkan didalamnya termasuk  teknologi militer, kita sedang dalam era lompatan teknologi milter yang mempengaruhi taktik dan strategi perang masa depan.

STTAL harus terus melakukan transformasi teknologi dan personel yang mampu memahami dan memanfaatkan lompatan teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi kecerdasan buatan.

Presiden RI Bapak Joko Widodo dalam amanatnya pada upacara HUT TNI Ke-75 Tahun 2020, telah menekankan dan menggaris bawahi  akan transformasi kebijakan dalam pertahanan yakni  kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan ini, dimaksudkan sebagai kebijakan jangka panjang yang dirancang sistematis serta dijalankan secara konsisten  berkelanjutan, dan akan pentingnya dukungan transformasi personel bagi transformasi organisasi dan transformasi teknologi.

Sebagai Lembaga Pendidikan di TNI Angkatan Laut yang menitik beratkan pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sudah sepatutnya Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL)  berperan  aktif dalam pengembangan teknologi dan pengembangan Revolusi Industri 4.0 serta peduli terhadap dinamika dan tantangan yang timbul.

STTAL berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif dan mencetak SDM yang unggul sebagai investasi pertahanan jangka panjang untuk menguasai teknologi masa depan yang sejalan dengan transformasi kebijakan pertahanan yang digariskan Presiden RI pada pidatonya peringatan HUT TNI Ke-75, dan kuliah umum yang diselenggarakan ini merupakan perwujudan dan peran aktif Civitas Akademika STTAL dalam memenuhi tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (lptek) serta upaya kita semua menghadapi era keterbukaan informasi dan Revolusi Industri 4.0 , semoga dalam kuliah ini para peserta mahasiswa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari Ilmu, wawasan dan pengalaman yang disampaikan oleh narasumber.

Dalam kuliah umum secara virtual ini di ikuti 263 orang dari Mahasiswa Pascasarjana S2 Asro, S1, D3 dan para Pejabat, Dosen serta PNS STTAL.

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6