Penyuluhan / Latihan

STTAL Selenggarakan Bimbingan Teknis HKI

TNI AL – STTAL Surabaya, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sangatlah penting untuk meningkatkan akreditasi institusi bagi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dan hasil penelitian Dosen juga Mahasiswa STTAL yang belum dipatenkan riskan akan diakuisisi, diduplikat oleh orang lain serta dalam rangka upaya melindungi karya akademik dosen maupun mahasiswa STTAL dilakukan dengan didaftarkan ke Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI).

Untuk itu, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang secara resmi dibuka oleh Ka LPPM STTAL, Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M. yang mewakili Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. dihadapan 40 peserta dari Civitas Akademika STTAL baik dari Dosen maupun Mahasiswa STTAL, bertempat di Auditorium Gedung Pulau Nipa Lantai III Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Senin (30/11/2020).

Kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pengetahuan bagi Dosen dan Mahasiswa  STTAL dalam penyusunan  deskripsi penelitian sehingga memenuhi standar penulisan untuk pengusulan HKI, yang pelaksanaannya dimulai hari ini Senin tanggal 30 November s.d. 01 Desember 2020,  dengan menghadirkan Narasumber antara lain; Kasubbid Pelayanan HKI Kanwil Kemenkumham Jatim, Bapak Pahlevi Witantra, S.H., M.H. yang membahas tentang Dasar Hukum HKI dan Kepala Bidang HKI, LPPM Universitas Ciputra Surabaya, Bapak Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP. yang membahas tentang Syarat Paten dan Website Menyediakan Paten Gratis Penggunaan Keyword untuk Penelusuran, Komparasi Hasil Penelitian dan Dokumen Paten, Analisa Kelayakan Penelitian untuk Dipatenkan dan Metode Penelusuran Paten, Syarat Formalitas, Cara Penulisan Paten dan Susunan Dokumen Paten serta Diskusi dan Praktek Penulisan Dokumen Paten.

Pelaksanaan kegiatan ini dengan tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 saat ini yang tentunya hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jadilah contoh teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau new normal  di lingkungan TNI AL dan sekitarnya.

Prajurit STTAL Mengolah Lahan Sampah Dukung Ketahanan Pangan.

TNI AL – STTAL Surabaya, Civitas Akademika STTAL mendukung kebijakan  program pemerintah tentang ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan sampah menjadi bahan dasar kompos guna mendukung kesuburan  kebun dengan memanfaatkan lahan dilingkungan kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Kamis (18/6/2020)

Dimana kompos adalah pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik (seperti daun dan jerami yang membusuk) dan kotoran hewan.  Kompos juga merupakan pupuk alami (organik) yang dapat dibuat dari bahan-bahan hijau dan bahan organik lainnya yang ditambahkan dengan sengaja sehingga proses pembusukan akan lebih cepat.

Pada kesempatan waktu Wadan STTAL kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan kompos secara gotong-royong  sebagai pembelajaran kepada personel antap STTAL, ditengah pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan lahan sampah guna mendukung kesuburan kebun sebagai upaya ketahanan pangan dilingkungan kampus STTAL.

Kompos sebagai salah satu pupuk organik sangat baik dan bermanfaat untuk segala jenis tanaman  perkebunan, tanaman pertanian, dan bahkan tanaman hias hanya dengan menaburkannya di permukaan tanah, maka sifat-sifat tanah yang baik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Oleh karena itu, kesuburan tanah perlu dikembalikan dan dipercepat dengan ditambahkan pupuk organik,  memanfaatkan lahan sampah di sekitar lingkungan Kampus STTAL, yang telah dikerjakan secara gotong-royong personel antap Satma STTAL.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6