Peringati Isro Mi’raj 1438 H, STTAL Undang KH Imam Hambali

Surabaya, 26 April 2017.

Dalam rangka memperingati Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1438 H, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mengundang KH Imam Hambali untuk menyampaikan siraman rohani kepada seluruh Civitas Akademika STTAL dan Jalasenastri CBS STTAL di Gedung Pulau Marore, STTAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (26/4).

Peringatan Isro Mi;raj Nabi Muhammad SAW ini, menurut Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Siswo H.S., M.MT., mempunyai arti penting bagi umat Islam, khususnya bagi keluarga besar civitas akademika STTAL yang beragama Islama, dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Hal ini sangat penting, mengingat peningkatan iman dan taqwa merupakan kebutuhan hakiki manusia dalam menjalankan hidup dan kehidupannya,” ujar Komandan STTAL.

Tema peringatan Isro Mi’raj tahun ini adalah “Jadikanlah hikmah peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H/2017 M untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, disiplin, loyalitas serta pengabdian prajurit guna mewujudkan TNI yang kuat, hebat, professional dan dicintai rakyat”.

“Tema tersebut saya anggap tepat, karena didalamnya terkandung keinginan luhur kita semua umat Islam untuk terus mengaktualisasikan ajaran agama Islam dalam kehidupan keseharian kita,” ujarnya.

Dari kisah Isro Mi’raj, kita ketahui bahwa hasil perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso, yang kemudian diteruskan ke Sidratul Muntaha adalah menerima perintah sholat lima waktu sehari semalam. Perintah sholat ini diberikan secara langsung oleh Allah SWT kepada  Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat Jibril.

“Hal ini menunjukkan bahwa ibadah Sholat mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting dibandingkan dengan ibadah lainnya,” tambahnya.

Beberapa peranan penting sholat diantaranya : Pertama, sholat merupakan satu-satunya ibada yang memiliki hubungan langsung kepada Allah SWT. Kedua, Sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Ketiga, di akhirat kelak, ibadah sholatlah yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Keempat, sholat dapat membina kedisiplinan pribadi, moralitas dan kesabaran yang sangat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam hubungan dengan sesama umat manusia, kita melihat bahwa sholat secara berjamaah merupakan wahana yang tepat untuk pemupukan jiwa rohani dan semangat kekeluargaan, kebersamaan, kedamaian serta ketertiban yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6