Pasca Sarjana

 

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sesuai Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi adalah merupakan Perguruan Tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia di bidang pengembangan teknologi, serta menimbang bahwa STTAL telah memiliki pengalaman dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang teknologi, maka Pemerintah RI cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan mandat kepada STTAL untuk menyelenggarakan Program Pascasarjana S-2 Analisa Sistem dan Riset Operasi (ASRO). Surat Mandat dengan Nomor: 124/E/KR/2013 tanggal 19 Pebruari 2013, direspon dan ditindaklanjuti dengan surat kesediaan Ketua STTAL untuk menyiapkan kelengkapan yang berupa kurikulum, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, anggaran dan sarana prasarana yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan konsolodasi dan didukung penuh oleh Kepala Staf Angkatan Laut  dengan diterbitkanya Surat keputusan ijin operasional dari Kepala Staf Angkatan Laut Nomor: Kep/352/III/2013, tanggal 15 Maret 2013. Dari surat kesediaan Ketua STTAL maka diterbitkanlah ijin Penyelenggaraan Program Studi Analisis Sistem dan Riset Operasi S-2 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 431/E/O/2013 tanggal 27 September 2013. Untuk mendukung pelaksanaan pendidikan, maka penyiapan sarana dan prasarana langsung dianggarkan oleh Dinas Pendidikan TNI AL. Pembangunan gedung dan perkantoran, perpustakaan, pekuliahan, dan laboratorium telah selesai dilaksanakan dan telah diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut pada tanggal 17 Nopember 2014.

Program Pascasarjana Program Studi Analisis Sistem dan Riset Operasi (S-2) merupakan program studi yang sangat strategis, selain untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung tugas pokok pimpinan TNI/Polri ke depan, juga akan mewarnai proses pengambilan keputusan dan kebijakan pimpinan TNI/Polri, bahkan tidak menutup kemungkinan akan mewarnai proses pengambilan keputusan dan kebijakan pimpinan tingkat nasional. Untuk dapat membekali para calon pemimpin tersebut, agar dapat melakukan pengambilan keputusan yang lebih berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengingat tantangan yang dihadapi dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi alut sista yang begitu pesat, maka  diperlukan suatu pendidikan yang spesifik.

Prodi S-2 Analisa Sistem dan Riset Operasi ASRO ini memiliki kekhususan dan kespesifikan yang utama, yaitu: merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi yang berorientasi di bidang Analisa Sistem dan Riset Operasi teknologi pertahanan khususnya bidang kemiliteran (military science), kemaritiman (maritime science) dan keangkatanlautan (naval science), yang belum pernah ada di Indonesia.

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berfokus pada bidang Analisa Sistem dan Riset Operasi pertahanan dan kemaritiman maka Prodi S-2 ASRO STTAL telah menerapkan langkah-langkah strategis yang telah dituangkan dalam Statuta dan Rencana Strategis STTAL serta disinkronkan dengan kebutuhan institusi TNI / TNI AL.  Rencana strategis tersebut dituangkan dalam tahapan-tahapan perencanaan program yang disusun secara sistematis, selanjutnya pelaksanaan program didesain secara efektif dan efisien, yang disertai dengan pengawasan, evaluasi  dan perbaikan secara berkala dan berkelanjutan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal.

STTAL berharap mampu mewujudkan cita-citanya menghasilkan SDM yang unggul dan menjadi sebuah perguruan tinggi riset teknologi pertahanan bidang kemiliteran (military science), kemaritiman (maritime science) dan keangkatanlautan (naval science) yang handal di tingkat nasional, regional dan internasional. Serta memiliki posisi sejajar dengan perguruan tinggi lainnya tingkat dunia di bidang yang sama, seperti Naval Post Graduate School (NPS) Amerika Serikat, sebuah perguruan tinggi ternama di kawasan benua Amerika yang fokus pada pengembangan teknologi pertahanan khususnya bidang kemiliteran (military science), kemaritiman (maritime science) dan keangkatanlautan (naval science).

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6