STTAL ADAKAN PELATIHAN AUDIT MUTU INTERNAL

Dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebagai salah satu perguruan tinggi di Surabaya menyelenggarakan  pelatihan mutu internal yang secara resmi dibuka oleh Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Siswo H.S., M.MT., di Gedung Pascasarjana, Kampus STTAL, Bumimoro, Surabaya, (11/10)

Acara yang diikuti oleh 15 perwira STTAL itu, berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan Ketua Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Hana, S.T., M.T., beserta beberapa staf pendampingnya.

Pada kesempatan itu, Komandan STTAL dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Seklem STTAL Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispri B., ST., M.Si. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Ketua Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah beserta Tim, atas kehadirannya di Kampus STTAL. “Kami bersyukur dan mendapatkan kehormatan, karena di tengah-tengah kesibukannya, masih bersedia untuk memberikan pelatihan audit internal kepada perwira staf STTAL,” ujar Komandan STTAL.

Kita ketahui bersama, lanjut Komandan STTAL, untuk membangun budaya mutu tidak hanya melaksanakan tetapi juga kita harus bias melihat, mendengar, dan merasakan proses pembangunan culture of quality tersebut. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para perwira staf STTAL  sudah dapat melaksanakan seluruh siklus system penjaminan mutu internal (SPMI) dengan baik dan benar, sehingga akreditasinya akan baik.

Audit atau pemeriksaan adalah suatu proses yang sistematis, mandiri dan terdokumentasi untuk mendapatkan bukti-bukti informasi dan mengevaluasi dengan objektif untuk menentukan tingkat pemenuhan kriteria audit yang disepakati.

Sesuai dengan UU Nomor 12 tahun 2012, tentang pendidikan tinggi mengamanatkan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi (SPM DIKTI) yang terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Ekternal (SPME) atau akreditasi, dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD DIKTI).

SPMI sebagai sub komponen memiliki siklus yang salah satunya adalah evaluasi. Bentuk evaluasi internal perguruan tinggi adalah dengan melakukan audit mutu internal untuk mendapatkan ruang-ruang peningkatan yang akan terus menerus ditingkatkan kualitasnya.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6