STTAL Beri Bantuan Jaring Ikan dan Alat Pendeteksi Keberadaan Ikan kepada Nelayan Desa Yeh Gangga, Tabanan

Surabaya, 31 Mei 2017,–

Untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan tradisional Desa Yeh Gangga, Tabanan, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) memberikan bantuan puluhan  jaring ikan dan alat pendeteksi ikan yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretariat Lembaga (Seklem) STTAL Kolonel Laut (P) R. Bambang Ispri B, M.Si kepada perwakilan nelayan Yeh Gangga beberapa waktu lalu.

Dengan pemberian bantuan alat penangkap ikan dan alat pendeteksi keberadaan ikan ini, Seklem STTAL berharap agar alat tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga dapat membantu meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan Desa Yeh Gangga. Selain itu, dengan penggunaan alat yang cukup canggih ini, waktu untuk melaut nelayan akan lebih efektif dan hemat dalam penggunaan BBM.

Sementara itu, Kepala Desa Yeh Gangga mewakili sekitar 80 nelayan yang hadir menyambut baik kegiatan tersebut dan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan jarring ikan dan alat pendeteksi keberadaan ikan yang diberikan kepada nelayan Yeh Gangga. “Semoga kegiatan ini, dapat ditingkatkan lagi pada masa yang akan datang, khususnya kerjasama dengan STTAL,” ujar Kepala Desa Yeh Gangga.

Acara yang diselenggarakan di pantai Yeh Gangga itu, mendapat respon yang sangat antusias dari para nelayan Desa Yeh Gangga. Mereka rela untuk mempersingkat menangkap ikan di tengah laut, untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STTAL itu.

Pada kesempatan itu, dihadapan puluhan nelayan Yeh Gangga, Ka LPPM Letkol Laut (Kh) Lucas Dewantoro, MM. menjelaskan tentang karakteristik alat pendeteksi keberadaan ikan dan cara mengoperasikannya. “Alat ini cukup mudah untuk dioperasikan, alat semacam sensor disimpan dibagian bawah kapal dan nelayan tinggal memonitor keberadaan ikan dari atas kapal. Pastikan alat tersebut ditempatkan dalam posisi aman,” ujar Ka LPPM.

Bersamaan dengan penyelenggaraan pengadian masyarakat di Desa Yeh Gangga, STTAL juga menyelenggaran sosialisasi pembangunan karakter kebangsaan dan budaya maritime di beberapa sekolah di Tabanan, yaitu : SMA 1 Tabanan, SMA 1 Kediri dan SMA Saraswati 1. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman siswa terhadap Bangsa Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia.

Pada akhir sosialisasi, diadakan Tanya jawab dengan seluruh siswa serta penyerahan bantuan kepada sekolah berupa alat olah raga.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6