TNI AL – STTAL Surabaya, Senin (22 Mei 2023). Seluruh Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) baik antap maupun mahasiswa, melaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 115 Tahun 2023 dengan Inspektur upacara Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.T., dan selaku Komandan upacara Letkol Laut (KH) Sukarno, S.T., M.T., bertempat di Lapangan Upacara Kampus Prajurit Teknokrat STTAL, Bumimoro, Surabaya.

Kegiatan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional tersebut mengusung tema “Semangat Untuk Bangkit”. Upacara diawali laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan, penaikan bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila oleh Irup di ikuti pasukan upacara, pembacaan teks UUD 45, dan diakhiri dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai.

Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Komandan STTAL, menyampaikan bahwa tema peringatan hari Kebangkitan Nasional yang diusung tahun ini adalah merupakan lambang nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik. Pada tanggal 20 Mei 1908, Boedi Oetomo merupakan organisasi pemuda, sebagai gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur. Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan para pendahulu.