Pengabdian Masyarakat Terpadu

STTAL Bersinergi Dengan Pemkab Pamekasan Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat.

TNI AL-STTAL Madura, Sebagai salah satu Lembaga Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. menindaklanjuti hal tersebut dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan STTAL setiap tahunnya ke berbagai daerah terutama daerah pesisir atau masyarakat maritim sesuai dengan visi dan misi sttal yaitu melaksanakan pendidikan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi keangkatan lautan bidang kemaritiman.

Untuk itu, Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis., S.T., M.M., CHRMP., CACA., CRMP., membuka kegiatan STTAL (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dilaksanakan di Desa Padelegan, Kecamatan Pandemawu, Kabupaten Pamekasan dengan Tema “Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, STTAL Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pesisir di Kabupaten Pamekasan Tentang Pentingnya Bela Negara, Kesehatan dan Penerapan Ilpengtek”. yang dihadiri Wakil Bupati Pamekasan, Dr. Ir. H. RB. Fattah beserta Pejabat Utama Pemda Pamekasan dan STTAL serta Stake Holder terkait lainnya. Rabu (26/10/2022).

Dijelaskan Komandan STTAL, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 s.d. 28 Oktober 2022. Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini bersifat terpadu, artinya STTAL tidak sendirian tetapi bersama Perguruan Tinggi Mitra lainnya (Unesa dan PPNS). 104 Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini terdiri dari; STTAL (99 orang), Unesa (2 orang) dan PPNS (3 orang).

Adapun bentuk kegiatannya; Penyuluhan kepada masyarakat, Sharing Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Bakti Sosial dan pembentukan kampung pintar serta kegiatan yang berintegrasi dengan masyarakat.

STTAL Selesai Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pamekasan.

TNI AL-STTAL Madura, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan STTAL bekerjasama dengan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan dan Perguruan Tinggi Mitra STTAL (Unesa dan PPNS) telah selesai dilaksanakan sejak tanggal 26 s.d. 28 Oktober 2022 di Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan dan secara resmi di tutup oleh Wakil Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, Kolonel Laut (P) Yoyok Nurkarya Santosa, S.T., M.T., yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan Dr. Ir. Raden Bagus Fattah Jasin M.S, Pejabat Utama Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan, PJU STTAL dan para peserta Pengabdian Masyarakat serta Stake Holder terkait. Jumat (28/10/2022).

Pada amanatnya Wadan STTAL berharap bahwa pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan STTAL Tahun 2022 ini, yang dilandasi dengan semangat gotong royong dan kolaborasi yang solid, tidak hanya berkontribusi positif terhadap peningkatan ketahanan masyarakat tetapi juga mempunyai peran penting dalam pembangunan kehidupan masyarakat maritim yang sehat, sejahtera dan bahagia.

Manfaat dan dampak yang dirasakan dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, antara lain: meningkatnya jalinan sinergitas antara prajurit TNI AL (STTAL) dengan masyarakat Kabupaten Pamekasan dalam rangka pembinaan potensi maritime; meningkatnya wawasan kebangsaan dan bela negara serta keangkatanlautan, bahaya narkoba, pernikahan dini, dan HIV/AID para generasi muda utamanya pelajar tingkat SLTA; Meningkatnya pengetahuan masyarakat nelayan desa pesisir tentang hukum laut/perikanan, sekaligus trampil dalam menggunakan dan memelihara alat mesin pengering ikan berbasis energi tenaga surya.

Meningkatnya pengetahuan dan motivasi belajar anak-anak usia sekolah khususnya tingkat pendidikan dasar dan pendidikan menengah tentang pelajaran IT (Web), Bahasa Inggris, dan Matematika melalui program kampung pintar; Semakin membaiknya tampilan fisik sarana dan prasarana beberapa rumah ibadah.

Sosialisasi Lanjutan “Implementasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim”.

TNI AL – STTAL, Kegiatan sosialisasi lanjutan “Implementasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim” dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022, bertempat di Gedung Serba Guna SMA Taruna Nala Malang, dari pukul 09.00 WIB sd 12.30 WIB untuk wali murid kelas XI dan pukul 13.00 sd 15.00 WIB untuk wali murid kelas XII. Bertindak sebagai narasumber, Seklem STTAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMAN Taruna Nala Malang, Dr. Hari Wahyono, M.Pd., Wakasek, guru dan pengasuh. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dharma Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

SMAN Taruna Nala Jatim Malang Inginkan Adanya Peningkatan Peran STTAL dalam Pelatihan Leadership Guru dan Taruna.

TNI AL – STTAL Malang, Dalam rangka kegiatan Sosialisasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman, SMA Taruna Nala Jatim Malang mengundang Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, ST., MM., sebagai narasumber kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan hari Senin, tanggal 18 juli 2022, dari pukul 09.00 WIB sd 12.30 WIB, bertempat di Gedung Serba Guna SMA Taruna Nala Malang, dengan sasaran 176 orang tua siswa (wali murid) kelas X.

Kegiatan yang bertema “Implementasi Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jatim”, tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dharma Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMAN Taruna Nala Malang, Dr. Hari Wahyono, M.Pd.; Plh Kacabdin Wilayah Malang, Dra Anny Saulina, M.Si.; Kalapetal, Kolonel Laut (P) Apri Suryanta, SE, MM., CHRMP., para guru dan staf serta pengasuh Taruna Nala.

Kepala Sekolah SMA Taruna Nala berharap adanya peningkatan peran STTAL dalam kegiatan pelatihan leadership guru dan taruna Nala.Seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan aman serta mendapat respon yang positif dari para orang tua/wali murid yang hadir dalam kegiatan tersebut.

STTAL Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu

TNI AL-STTAL Surabaya,  Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya adalah sebuah Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Kedinasan TNI Angkatan Laut yang mempunyai visi dan misi menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan berkepribadian Indonesia ikut serta melaksanakan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya  dengan menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. secara resmi membuka sekaligus memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh STTAL dengan Tema “Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat, STTAL hadir dan peduli kepada  masyarakat dalam masa Pandemi Covid-19”,  dilanjutkan dengan Sambutan  Camat Krembangan Surabaya, Bapak Agus Tjahyono, S.STP., M.Si. bertempat di Gedung Marore Lantai II Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya, Rabu (11/11/2020).

Selanjutnya Pemberian Cindera Mata dan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) antara lain dari Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. kepada Camat Krembangan Surabaya dan RSAL dr. Ramelan Surabaya serta Rumkital dr. Oepomo Lantamal V Surabaya, dari Bapak Dr. H. Andi Arief Pribadi, M.M.Tr.   kepada Satkes Kodiklatal Surabaya dan dari Bapak Ir. Wisnu Iriawan Widodo, S.H. kepada Rumkital dr. Soekantyo Jahja Lanudal Juanda serta dari Bapak H. Zainul Muttaqin, S.Ag., M.A., M.Pd. (Ketua Yayasan Tuna Netra Surabaya) kepada Puskesmas Krembangan Surabaya.

Kegiatan Pembukaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dihadiri juga oleh Wakil Komandan STTAL Kolonel Laut (T)  Abdul Rahman, S.T., M.T., Pejabat teras  STTAL, Camat Krembangan Surabaya, Kasatkes Kodiklatal, Karumkit Dr. Oepomo Lantamal V Surabaya, Kepala Puskesmas Krembangan Surabaya, perwakilan mahasiswa STTAL,  peserta penyuluhan dan perwakilan masyarakat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

Hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jadilah contoh teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau new normal  di lingkungan TNI AL dan sekitarnya.

Dengan mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun ini dilaksanakan secara terpisah pada dua tempat, yaitu di lingkungan sekitar Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Bumimoro – Morokrembangan Surabaya yakni dilaksanakan di lingkungan sekitar Kecamatan Krembangan Surabaya dan khusus untuk S1 Hidrografi serta Prodi D-3 Hidro-oseanografi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Jakarta dilaksanakan di lingkungan sekitar  Pelabuhan Muara Baru Jakarta.

Setelah selesai secara resmi dibuka oleh Komandan STTAL, di Gedung Marore Lantai II  Kampus STTAL Bumimoro Surabaya dilanjutkan dengan Penyuluhan tentang “Meningkatkan Imun di tengah Pandemi Covid-19 oleh Tim Penyuluh dari Satkes Kodiklatal Surabaya dan dari Tim Penyuluh Sekesal Kodiklatal Surabaya memberikan penyuluhan tentang pembuatan Hand Sanitizer dan Cairan Disinfektan serta penyuluhan tentang pemanfaatan pekarangan dan pembuatan kompos oleh Tim Penyuluh dari STTAL.  Sedangkan untuk kegiatan di Kampus STTAL Hidros Jakarta dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 diantaranya adalah Pengukuran kedalaman Dermaga Muara Baru Jakarta.

STTAL Cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Tengah Masyarakat Krembangan

TNI AL-STTAL Surabaya, Di era masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini tentunya pepatah mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19 merupakan kunci utama untuk bisa memutus rantai penyebaran Covid-19, untuk itu sesuai yang diamanahkan dalam UU No. 12 tahun 2012 tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, maka Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL)  melaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian masker serta brosur tentang himbauan secara bersama memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 antara lain dengan 3M yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan, secara langsung yang difokuskan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Krembangan Surabaya antara lain di sekitar  Masjid Al – Ikhlas Jl. Tanjung Sadari, Gereja Kristen Jawi Wetan, Pura Agung Jagad Kirana Krembangan Surabaya, sedangkan di Kampus STTAL Hidros Jakarta difokuskan kepada masyarakat di Pelabuhan Muara Baru Jakarta, antara lain penyerahan peta batimetri hasil LPPM STTAL  Kepada Kepala Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Muara Baru, dan Kepada Komandan Posal Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Muara Baru, serta kepada Nahkoda Kapal ikan dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19. Kamis (12/11/2020).

Hal ini tentunya selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jadilah contoh teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau new normal  di lingkungan TNI AL dan sekitarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga seiring dengan Visi dan Misi STTAL dimana kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud aktif STTAL sebagai institusi Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Kedinasan di TNI Angkatan Laut, yang harus bisa dan mampu memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung dan memberikan solusi terhadap persoalan tersebut. Solusi tersebut mencakup penyebarluasan, penerapan, pemberian bantuan keahlian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah diperoleh selama perkuliahan kepada masyarakat, ungkap Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Ka. LPPM) selaku Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat STTAL, Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M.