Penyuluhan / Latihan

STTAL Latihan Simulasi Peran Pemadaman Kebakaran.

TNI AL.- STTAL Surabaya, Dalam rangka bulan Trisila, Antap STTAL melaksanakan simulasi peran pemadaman kebakaran berlangsung di depan Gedung Direktorat Vokasi STTAL Bumimoro Surabaya.

Rabu (15/8/2022) Kegiatan simulasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan personel STTAL dalam pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya dan beracun akibat dari kebakaran.

Tim Binsat STTAL Laksanakan Latihan Menembak.

TNI AL.- STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, S.T., M.M., di ikuti Wadan STTAL Kolonel Laut (P) Yoyok Nurkarya Santosa, S.T., M.T. bersama pejabat Utama dan Pamen STTAL mengasah kemampuan menembak dilapangan Tembak Pistol Krida Braja Akademi TNI Angkatan Laut Bumimoro Surabaya. Selasa (2/7/2022)

Diawal bulan Agustus, tim binsat STTAL latihan menembak dengan menggunakan senjata pistol jenis Sig Sauer kaliber 9 mm dengan posisi menembak presisi dengan jarak 15 meter dalam.keadaan aman,” Ungkap Dansatma STTAL Mayor Laut (P) Prayudiatmo. Sementara waktu Komandan STTAL menyampaikan latihan menembak ini sebagai sarana melatih naluri menembak para Pamen STTAL dalam rangka pembinaan satuan STTAL.

CBS Jalasenastri STTAL Mengikuti Pelatihan dan Keterampilan.

STTAL-CBS Jalasenastri STTAL Surabaya, Wakil Ketua CBS Jalasenastri STTAL, Ny. Diyah Yoyok N.S., beserta Pengurus bertempat di kantor Jalasenastri STTAL mengikuti secara Vicon pelatihan keterampilan dan ceramah publik speaking and body language yakni “Berbagi Ilmu Tanpa Mengenal Jarak” bersama CBS Jalasenastri Puspomal dengan mengambil Tema “Beauty, Smart And Confidence”, bertempat di Balai Prajurit Raden Bagus Supardan Mako Puspomal Jakarta pada hari Selasa 21 Juni 2022, yang dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum Jalasenastri, Wakil Ketua Umum Jalasenastri, Pengurus Pusat Jalasenastri, Pengurus CBS Jalasenastri Puspomal dan diikuti pula ibu-ibu Jalasenastri yang berada di wilayah masing-masing melalui aplikasi zoom meeting dan media sosial Pengurus Pusat Jalasenastri.

Kegiatan ini meliputi; Pelatihan keterampilan (menambah nilai estetik pada pot gerabah oleh Mbak Irianti yakni Owner dari Detanaman yang berlokasi di Depok); dan Talkshow dengan tema “Public Speaking and Body Language” dengan narasumber Indy Barends.Sebelumnya, rangkaian acara ini diawali sambutan Ketua CBS Jalasenastri Puspomal, Ny. Wenny Edwin yang dilanjutkan sambutan Ketua Umum Jalasenastri, Ibu Vero Yudo Margono yang menyampaikan bahwa ibu-ibu Jalasenastri dari Sabang sampai Merauke bisa mengikuti kegiatan ini tanpa mengenal jarak dan batas waktu. Disamping itu, harapannya dapat menggali potensi bakat-bakat terpendam dari anggota Jalasenastri di seluruh daerah serta dapat saling berbagi ilmu baik keterampilan maupun ilmu pengetahuan dan juga merupakan salah satu wadah wahana komunikasi antara ibu-ibu Jalasenastri di seluruh daerah. Sebagai contoh dengan keberhasilan pelatihan yang dilaksanakan oleh Seksi Kebudayaan Pengurus Pusat Jalasenastri tahun lalu dapat dirasakan hasilnya oleh ibu-ibu dengan menambah income keluarga. Dari beberapa anggota Jalasenastri yang mengaplikasikan hasil pelatihan tersebut salah satunya yaitu adalah pelatihan pembuatan Bross dari batu druzy.

Hasil tersebut sudah ditampung dan dipasarkan di Griya Karya Jalasenastri di Seksi Ekonomi Pengurus Pusat Jalasenastri di Jakarta dan hasil karya tersebut tidak hanya ditampung akan tetapi sudah sampai ada yang memesan baik dalam kota, luar kota, luar pulau dan luar negeri. Demikian juga dengan keterampilan lainnya yang mempunyai daya jual cepat (makanan dan minuman).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Griya Karya Jalasenastri didirikan sebagai sarana untuk anggota Jalasenastri di seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke untuk memasarkan hasil karyanya serta dapat membantu income keluarga.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum Jalasenastri juga menyampaikan pada program kerja Seksi Kebudayaan Jalasenastri tahun 2022 ini, selain pelatihan keterampilan dilaksanakan pula ceramah-ceramah yang sangat berguna dan bisa menambah ilmu dan wawasan untuk ibu-ibu anggota Jalasenastri. Materi ceramah yang akan ditampilkan antara lain; Publik Speaking, cara berbusana yang baik, table menner, kesehatan, kecantikan dan masih banyak pengetahuan-pengetahuan lainnya.

Sebelum memulai pelatihan, Ibu Ketua Umum Jalasenastri memberikan beberapa penekanan dan harapan beliau, antara lain; selu berdoa dan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME, jadikan pelatihan keterampilan ini sebagai ajang untuk berbagi ilmu dan mendapatkan ilmu baru untuk menambah keterampilan yang ibu-ibu miliki untuk dapat membantu suami dan menambah pendapatan keluarga, manfaatkan waktu yang ada untuk belajar baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan serta pengetahuan teknologi (untuk memasarkan hasil karya ibu-ibu melalui medsos, IG dlsb) serta tetap mendahulukan kepentingan keluarga, anak-anak dan suami.

Latihan Penanggulangan Kebakaran, Asah Kesigapan Mahasiswa STTAL.

TNI AL-STTAL Surabaya, Mahasiswa STTAL melaksanakan latihan simulasi Penanggulangan Kebakaran menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di lingkungan Mess Mahasiswa STTAL yakni Mess Arjuna dan Mess Rais Bumimoro Krembangan Surabaya pada hari Rabu, 26 Januari 2022 dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan.

Kegiatan latihan rutin ini dilakukan oleh Mahasiswa STTAL dimaksudkan agar setiap personel mahasiswa STTAL memiliki respon yang cepat untuk dapat menanggulangi atau pencegahan dini apabila terjadinya bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.Di harapkan setiap personel dapat memahami dan dapat mengimplementasikannya apabila terjadi kebakaran sehingga kerugian personel dan materiil dapat dihindari.

Disamping pemberian materi juga diperagakan bagaimana personel menggunakan alat-alat pemadam kebakaran tersebut dengan cepat dan tepat. Apabila tidak dilakukan dengan cepat maka akan berakibat fatal, akhirnya api semakin besar dan mungkin bisa membahayakan diri sendiri,”Ujar Lettu Laut (T) Satrio Fitriandi, saat pimpin latihan peran penanggulangan kebakaran.

Ada beberapa pedoman yang harus dilakukan apabila ingin memadamkan api saat terjadinya kebakaran. Yang pertama dilakukan adalah matikan arus listrik yang berada di sekitar lokasi kebakaran. Ambil alat pemadam kebakaran (Apar) dan yakinkan ada isinya atau tidak, lalu mencari titik api, jangan sekali-kali berlawanan arah dengan angin saat kita memadamkan api harus searah dengan arah angin. Setelah itu cabut pin/kunci di Apar lalu lakukan penyemprotan di titik api/sumber api dipastikan hingga mati dan terakhir kunci kembali Apar dan kembalikan pada tempatnya. Latihan simulasi penanggulangan kebakaran ini merupakan salah satu program latihan rutin yang diselenggarakan oleh STTAL untuk mengasah kesigapan mahasiswa STTAL dalam mengantisipasi bahaya kebakaran.

STTAL Selenggarakan Bimbingan Teknis HKI

TNI AL – STTAL Surabaya, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sangatlah penting untuk meningkatkan akreditasi institusi bagi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dan hasil penelitian Dosen juga Mahasiswa STTAL yang belum dipatenkan riskan akan diakuisisi, diduplikat oleh orang lain serta dalam rangka upaya melindungi karya akademik dosen maupun mahasiswa STTAL dilakukan dengan didaftarkan ke Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI).

Untuk itu, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang secara resmi dibuka oleh Ka LPPM STTAL, Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M. yang mewakili Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. dihadapan 40 peserta dari Civitas Akademika STTAL baik dari Dosen maupun Mahasiswa STTAL, bertempat di Auditorium Gedung Pulau Nipa Lantai III Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Senin (30/11/2020).

Kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pengetahuan bagi Dosen dan Mahasiswa  STTAL dalam penyusunan  deskripsi penelitian sehingga memenuhi standar penulisan untuk pengusulan HKI, yang pelaksanaannya dimulai hari ini Senin tanggal 30 November s.d. 01 Desember 2020,  dengan menghadirkan Narasumber antara lain; Kasubbid Pelayanan HKI Kanwil Kemenkumham Jatim, Bapak Pahlevi Witantra, S.H., M.H. yang membahas tentang Dasar Hukum HKI dan Kepala Bidang HKI, LPPM Universitas Ciputra Surabaya, Bapak Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP. yang membahas tentang Syarat Paten dan Website Menyediakan Paten Gratis Penggunaan Keyword untuk Penelusuran, Komparasi Hasil Penelitian dan Dokumen Paten, Analisa Kelayakan Penelitian untuk Dipatenkan dan Metode Penelusuran Paten, Syarat Formalitas, Cara Penulisan Paten dan Susunan Dokumen Paten serta Diskusi dan Praktek Penulisan Dokumen Paten.

Pelaksanaan kegiatan ini dengan tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 saat ini yang tentunya hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jadilah contoh teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau new normal  di lingkungan TNI AL dan sekitarnya.

Prajurit STTAL Mengolah Lahan Sampah Dukung Ketahanan Pangan.

TNI AL – STTAL Surabaya, Civitas Akademika STTAL mendukung kebijakan  program pemerintah tentang ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan sampah menjadi bahan dasar kompos guna mendukung kesuburan  kebun dengan memanfaatkan lahan dilingkungan kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Kamis (18/6/2020)

Dimana kompos adalah pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik (seperti daun dan jerami yang membusuk) dan kotoran hewan.  Kompos juga merupakan pupuk alami (organik) yang dapat dibuat dari bahan-bahan hijau dan bahan organik lainnya yang ditambahkan dengan sengaja sehingga proses pembusukan akan lebih cepat.

Pada kesempatan waktu Wadan STTAL kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., menyampaikan bahwa kegiatan pembuatan kompos secara gotong-royong  sebagai pembelajaran kepada personel antap STTAL, ditengah pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan lahan sampah guna mendukung kesuburan kebun sebagai upaya ketahanan pangan dilingkungan kampus STTAL.

Kompos sebagai salah satu pupuk organik sangat baik dan bermanfaat untuk segala jenis tanaman  perkebunan, tanaman pertanian, dan bahkan tanaman hias hanya dengan menaburkannya di permukaan tanah, maka sifat-sifat tanah yang baik dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.
Oleh karena itu, kesuburan tanah perlu dikembalikan dan dipercepat dengan ditambahkan pupuk organik,  memanfaatkan lahan sampah di sekitar lingkungan Kampus STTAL, yang telah dikerjakan secara gotong-royong personel antap Satma STTAL.