Keunggulan

  1. Lulusan mampu memecahkan berbagai masalah di lingkungan kedinasannya dan proaktif terhadap perkembangan Iptek terutama di bidang teknik mesin dan sistem perkapalan.
  2. Lulusan mampu merancang, merekayasa dan mengembangkan dalam bidang teknik mesin dan sistem perkapalan.
  3. Lulusan mampu menguasai dasar komputer, menggambar teknik dengan AUTOCAD, SOLIDWORK  perencanaan dan desain dengan CAD/CAM maupun MASTERCAM dan mengaplikasikan pada mesin CNC.
  4. Lulusan mampu menyelesaikan tugas perencanaan elemen mesin, juga mampu menyelesaikan tugas perencanaan sistem hidrolik dan pneumatik serta pengendaliannya berbasis Komputer.
  5. Lulusan mampu mengetahui karakteristik material Logam maupun non Logam, mengetahui cara perlakuannya.
  6. Mampu melakukan perawatan terhadap permesinan, sistem pendingin udara maupun kelistrikan.
  7. Lulusan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris (skor TOEFL minimal 450).
  8. Lulusan mampu berkomunikasi baik secara lisan, tulisan atau melalui pemanfaatan jaringan internet.
  9. Lulusan memiliki kemampuan membangun jaringan dengan mengop­timalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan jaringan internet, peningkatan kemampuan keterampilan sosial (social skill) dan kemampuan membangun dan mengoptimalkan jaringan (networking skill).
  10. Lulusan memiliki kemampuan beradaptasi (adaptibil­ity) dan kemampuan dalam menjalin hubungan antar pribadi (interpersonal relationship).
  11. Lulusan dapat berpikir dan bersikap profesional, sistematis, terbuka,  mandiri, dapat bekerja sama dalam tim dan berwawasan Iptek.
  12. Lulusan dapat lebih bersosialisasi, berkreatif, menghargai makhluk hidup lainnya termasuk menghargai alam.
  13. Lulusan memiliki kemampuan berorganisasi, kepemimpinan (leadership), mengetahui teknik mempengaruhi orang lain (influence to oth­ers), kemampuan keterampilan komunikasi (communications), serta kemampuan berfikir kreatif & inovatif.