PERINGATI 1 MUHARAM 1441 H /2019 M, CIVITAS AKADEMIKA STTAL MAKNAI ESENSI TAHUN BARU ISLAM.

Surabaya, Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1441 H/2019 M, dengan Tema ” Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1441 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Iman, Takwa dan Profesionalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas PokokTNI “, di gelar Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di Aula Gedung Marore Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Kamis (5/9/2019)

Dalam kegiatan peringati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1441 H/2019 M, di awali pembacaan ayat suci Al Quran Surat : Q.S. Al Hasyr Ayat 17-21 dan Q.S.An Nisa ayat 58-59.
oleh Ust. H Imam Baihaqi dari Ponpes Luhur Ath Tholibin., di lanjutkan sambutan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil menyampaikan Jadikan hikmah Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah /2019 Masehi sebagai momentum peningkatan iman, takwa dan profesionalisme prajurit guna memdukung tugas pokok TNI, sejarah 1 Muharram di jadikan sebagai tahun baru islam, berpijak pada peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa Hijrah di lakukan sebagai strategi dakwah menanggapi situasi yang tidak kondusif di wilayah Mekkah saat itu.

Usulan peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW di jadikan penentu perhitungan awal sistem kalender islam, di ambil usulan sahabat Ali Bin Thalib yang di setujui oleh para sahabat lainnya yakni Ustman Bin Affan, sehingga di tetapkannya sistem kalender islam sejak saat itu.

Hijrah dapat di artikan bersifat Makani dan Maknawi yakni berpindahnya dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari keburukan dan memperoleh kejayaan dan meninggalkan akhlak buruk yang penuh dosa, menuju kebaikan sebagaimana tertuang dalam Al Quran Surat Al-Ankabut Ayat – 26, selain itu Hijrah di artikan sebagai mujahadah An- Nafs, yang berarti menundukkan hawa nafsu untuk.mencapai martabat kemanusiaan yang hakiki.

Hal tersebut di tegaskan dalam Tauziahnya Ustadz Drs. H. Sahroni Fadhelan dalam ceramahnya di hadapan seluruh Civitas Akademika STTAL baik dari antap maupun mahasiswa dengan di hadiri Wadan STTAL Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T, Seklem, Direktur, Kapokdos, Kaprodi STTAL.

Demikian berita bagian penerangan STTAL.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6