STTAL

Akreditasi

Lembaga Penjamin
Mutu (LPM)

Adalah badan internal STTAL yang berfungsi membangun sistem penjaminan mutu akademik pada setiap aras di STTAL mulai dari aras program studi, departemen, fakultas hingga direktorat/unit kerja di lingkungan Pusat Administrasi STTAL yang mendukung kegiatan Tri Dharma Peguruan Tinggi

Peratuan dan Dokumen Mutu

Pengembangan dan Peningkatan Budaya Mutu Akademik

Peraturan Pemerintah

tentang Standar Nasional Pendidikan

Klik untuk Download File

Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Klik untuk Download File

Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta

 

Klik untuk Download File

Peraturan BAN-PT

Tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Klik untuk Download File

tentang Instrumen Suplemen Konversi

Klik untuk Download File

Tentang Prosedur Pemrosesan Keberatan Atas Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Tentang Akreditasi

Klik untuk Download File

Tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi yang Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Klik untuk Download File

Tentang Kebijakan Pengalihan Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ke Lembaga Akreditasi Mandiri

Klik untuk Download File

Peraturan dan Standar Mutu STTAL

Tentang Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Indonesia

Klik untuk Download File

Tentang Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Indonesia

Klik untuk Download File

LPM Activities Kegiatan
LPM

Menyediakan wadah kreativitas dan pengembangan diri melalui kegiatan LPM.

Organisasi

Tugas dan Tanggung Jawab

Dalam pelaksanaan kegiatan masing-masing bidang dibantu oleh satu orang urusan (Ur). Adapun tugas dan tanggung jawab Kepala LPM dan masing-masing bidang adalah sebagai berikut:

1. Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (Ka LPM) :

  • Menyusun visi, misi, tujuan dan sasaran LPM sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran STTAL;
  • Menyusun Renstra LPM berdasarkan Renstra STTAL;
  • Menyusun rencana program kerja dan anggaran LPM STTAL;
  • Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi; dan tindak lanjut penerapan Sistem Penjaminan Mutu di lingkungan STTAL;
  • Menyusun dokumen dan bertanggungjawab implementasi SPMI;
  • Menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu;
  • Melaksanakan Audit Mutu dan Pengukuran Kinerja Mutu;
  • Melakukan pendampingan pelaksanaan visitasi akreditasi;
  • Mengembangkan dan mengelola sistem informasi dan data penjaminan mutu STTAL; dan
  • Menyusun laporan secara berkala kepada Komandan STTAL tentang implementasi Sistem Penjaminan Mutu.

2. Kabid Internal :

  • Merencanakan dan melaksanakan pengembangan dokumen mutu,manual mutu, kebijakan mutu, rencana mutu, standar mutu, sasaran mutu, prosedur sistem mutu (SOP), instruksi kerja dan sistem catatan mutu;
  • Merancang dan melaksanakan pengembangan instrument monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal, instrumen evaluasi (kuisioner);
  • Merencanakan dan melaksanakan monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal;
  • Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan;
  • Menyiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan audit atau monev; dan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap semester.

3. Kabid Eksternal :

  • Merencanakan dan mengkoordinasikan pengisian borang akreditasi institusi dan borang akreditasi prodi;
  • Melakukan koordinasi untuk pendampingan dan fasilitasi pengisian borang akreditasi institusi dan prodi;
  • Membantu penyediaan data untuk pengisian borang akreditasi institusi dan prodi;
  • Melakukan koordinasi untuk pendampingan simulasi penghitungan penilaian akreditasi institusi dan prodi;
  • Melakukan pendampingan pelaksanaan visitasi akreditasi;
  • Merumuskan tindakan koreksi untuk memelihara dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan; dan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap semester.

4. Kabid PDPT

  • Merencanakan dan melaksanakan pengumpulan data;
  • Melakukan pengisian dan pengiriman data melalui PDDIKTI Feeder;
  • Menyampaikan laporan penyelenggaraan pembelajaran ke PDDIKTI secara berkala;
  • Mengelola situs, mengelola data, dan mengelola dokumen PDPT agar aman dan dapat dibutuhkan sewaktu-waktu;
  • Melakukan pengelolaan PDDIKTI dengan satuan kerja yang lain dan diketahui oleh pemangku kepentingan; dan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban setiap semester.