Sarasehan Dies Natalis STTAL Ke-54/2020 Hadirkan Mantan Alumni Mahasiswa STTAL Berbagai Angkatan

TNI AL – STTAL Surabaya, Mantan alumni/lulusan  mahasiswa STTAL  angkatan I hingga angkatan 39 menghadiri acara sarasehan dalam rangka memperingati Dies Natalis yang ke-54/2020 bertempat di lapangan Kampus STTAL Jl. Bumimoro-Morokrembangan Surabaya. Kamis (12/3/2020)

Dalam acara sarasehan Dies Natalis ke-54/2020 di awali triatikal mbah Ghanesa menyambut kedatangan alumni/lulusan mahasiswa angkatan I sampai dengan angkatan 39 dilanjutkan paparan dan sambutan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M. Phil menyampaikan pada moment yang sangat baik ini kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT, pada malam hari ini kita dapat mengikuti forum sarasehan STTAL tahun 2020 dengan mempertemukan alumni/lulusan STTAL dari berbagai angkatan yang bertempat di Kampus STTAL Bumimoro Surabaya.

Selaku Komandan STTAL mengucapkan selamat datang di Kampus STTAL tercinta ini, kami sangat bangga dan merupakan suatu kehormatan atas kehadiran para alumni/lulusan STTAL dari berbagai angkatan dalam sarasehan STTAL Tahun 2020 dengan tema ” Strategi Pengembangan STTAL Dalam Menghasilkan SDM Unggul ” sebagai Lembaga Pendidikan di Lingkungan TNI Angkatan Laut STTAL dituntut untuk.mampu memberikan konstribusi dan peran nyata guna mendukung terwujudnya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi keangkatanlautan dan teknologi kemaritiman di Indonesia untuk menjawab tuntutan tersebut diperlukan strategi yang tepat dan benar secara terencana, sistematik, bertahap dan berkelanjutan.

Berbagai upaya demi terwujudnya suatu tugas, salah satunya saran dan masukan para alumni/lulusan yang hadir pada malam ini, besar harapan kami untuk mendapatkan masukan yang positif dan konstruktif demi langkah maju STTAL ke depan.

Diusianya STTAL yang melewati setengah abad tepatnya 54 tahun silam sejak berdirinya tahun 1966, telah meluluskan sebanyak 2.048 lulusan atau alumni yang terbagi dalam lulusan S2 sebanyak 94 orang, S1 sebanyak 1.518 orang, D3 sebanyak 436 orang digolongkan dengan klasifikasi masukan dari Tri Matra TNI, Polri dan PNS, maka alumni STTAL terdiri dari 120 orang dari TNI Angkatan Darat, 1.739 orang dari TNI Angkatan Laut, 166 orang dari TNI Angkatan Udara, 21 0rang dari Polri dan 2 orang dari  PNS.

Saat ini STTAL mempunyai tiga program pendidikan dengan sembilan program studi yakni, program pendidikan magister (S2) dengan satu program studi S2 Asro (Analisis Sistem dan Riset Operasi), program pendidikan sarjana (S1) dengan empat program studi yaitu teknik mesin,teknik elektro, teknik manajemen industri dan hidrografi selanjutnya program pendidikan diploma tiga (D3) dengan empat program studi yaitu teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika dan hidro- oseanografi.

Dalam strategi pengembangan dibidang keilmuan STTAL mengajukan pembukaan program pendidikan pascasarjana S2 yakni program studi S2 hidro- oseanografi dan satu program studi pada program pendidikan diploma tiga yakni program studi D3 teknologi pertahanan siber, dimana pembukaan program studi siber telah melalui tahapan konsorsium keilmuan, sedangkan rencana kedepan STTAL akan mengajukan dua program studi pada program pendidikan S2 dan dua program studi pada program pendidikan Doktor (S3), ke empat program studi tersebut

Yakni program studi S3 Asro   (Analisis Sistem dan Riset Operasi), S3 hidro-oseanografi dan program studi S2 manajemen teknologi pertahanan dan program studi S2 Naval History.

Dalam hal strategi pengembangan dibidang sarana dan prasarana STTAL kedepan akan berevolusi sebagai perguruan tinggi berbasis ” Smart Campus ” yang meliputi, e-Office, e-Learning, e-Library dan Siakad terintegrasi yang selaras dengan teknologi Revolusi Industri 4.0 dan jika Smart Campus dibangun dan diterapkan di STTAL maka semua aktifitas Tri Dharma perguruan tinggi akan menjadi efektif, efisien dan produktif dan STTAL akan mampu menjadi perguruan tinggi kedinasan yang bermutu, selain itu Smart Campus mampu mendukung berbagai upaya pengembangan inovasi riset dibidang sains teknologi keangkatanlautan dan kemaritiman.

Sekaligus menghasilkan SDM berupa prajurit teknokrat yang cerdas, unggul dan berintegritas dalam mengawaki organisasi TNI Angkatan Laut.

Dalam mewujudkan perguruan tinggi yang bertaraf  nasional perlu adanya pengembangan sarana dan prasarana STTAL, perlu adanya relokasi kampus STTAL yang lebih akomodatif dalam pengembangan lahan yang lebih luas sebagai alternatif STTAL yakni merelokasi kampus dengan menempati bidang tanah di kenjeran Surabaya yang saat ini usulan naskah akademik telah disampaikan ke komando atas.

usai sambutannya di isi acara diskusi tentang tema sarasehan serta dilanjutkan pemilihan pengurus IKA STTAL dengan penyerahan Buku Jejak Langkah Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut menuju Perguruan Tinggi Riset dan Buku Refleksi Kinerja STTAL 2019 oleh Komandan STTAL kepada Ketua  IKA STTAL terpilih yakni Laksma TNI (Purn) Eden G. dan Wakil ketua IKA STTAL  Laksma TNI Didong Rio.

Hadir pada acara sarasehan Dan Seskoal Laksda TNI Dr.  Amarulla  Octavian, S.T., M.sc.,D.E.S.D. para alumni angkatan I hingga angkatan 39 serta para pejabat teras STTAL dan Civitas Akademika STTAL.

 

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6