SEKJEN KEMHAN RI BERIKAN KULIAH UMUM KEPADA SELURUH DOSEN DAN MAHASISWA STTAL

Surabaya, 06 Juni 2017,–

Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI Dr Widodo memberikan kuliah umum tentang Strategi  Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) STTAL Guna Menuju  Perguruan Riset Berkelas Dunia kepada seluruh Perwira dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di Gedung Pascasarjana, STTAL, Bumimoro, Surabaya, pada hari ini Selasa, (6/6).

Kedatangan Sekjen Kemhan RI yang juga merupakan mantan Dankobangdikal tersebut didampingi oleh Sahli Bidang Ekonomi Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, Dirjen Kuathan Mayjen TNI Bambang Hartawan, Karopeg Setjen Kemhan Laksma TNI Umar Arief, SE serta beberapa staf lainnya.

Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Siswo H.S., M.MT., dalam sambutannya mengatakan bahwa Laksdya TNI Dr. Widodo adalah tokoh nasional yang tidak asing lagi bagi civitas akademika STTAL. “Beliau merupakan salah satu tokoh yang sangat berperan dalam memperjuangkan validasi organisasi STTAL menjadi Balakpus Mabesal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Komandan STTAL menyampaikan ucapan terimakasih yang tidak terhingga atas waktunya untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan kepada para dosen dan mahasiswa STTAL. Materi tentang Strategi  Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) STTAL Guna Menuju  Perguruan Riset Berkelas Dunia ini sangat penting terutama dalam rangka perencanaan dan pengembangan SDM di lingkungan organisasi STTAL agar ke depan lebih efektif, efisien dan akuntabel.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya Sekjen Kemhan menyampaikan sebuah  Konsep Pengembangan STTAL yang diharapkan dapat menjadi pengayaan bagi Rencana Induk yang telah dibuat STTAL. Pada dasarnya, ada tiga Pilar Dasar bagi sebuah perguruan tinggi, yaitu : SDM, Infrastruktur dan Fasilitas, serta Kapasitas Institusi.

“Ketiga pilar dasar ini harus kuat agar tiga tugas utama perguruan tinggi, yang sering disebut Tridharma Perguruan Tinggi, menjadi kuat dan berkualitas, yaitu: pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat. Bila STTAL telah dapat melaksanakan tridharma dengan kuat dan berkualitas, maka STTAL menjadi institusi berkelas dunia. Tentunya ini semua dilakukan tetap dalam kerangka bahwa STTAL yang kuat adalah untuk mendukung TNI AL yang kuat dan berkelas dunia, World Class Navy,” ujarnya.

SDM merupakan kunci utama pada sebuah perguruan tinggi. Adapun yang merupakan bagian dari SDM di sebuah perguruan tinggi, yaitu : dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Ada tiga hal strategi yang dapat dilakukan, yaitu: Peningkatan kualifikasi dosen, Peningkatan kemampuan riset dosen serta Peningkatan atmosfer akademik. Selain SDM, yang perlu dikembangkan adalah Fasilitas dan infrastruktur serta kapasitas institusi.

 

Pada bagian akhir penjelasannya, Sekjen Kemhan mengatakan bahwa dengan menerapkan strategi tersebut, secara konsisten dan mengevaluasinya secara berkala, maka diharapkan STTAL dapat menapak maju menjadi sebuah perguruan tinggi yang diakui reputasinya di tingkat nasional, kemudian di tingkat regional dan akhirnya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang mendukung TNI AL berkelas dunia.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6