STTAL TINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGI DOSEN MELALUI WORKSHOP APLIED APPROACH

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogi dosen, STTAL telah menyelenggarakan Workshop Applied Approach (AA) bagi dosen STTAL, mulai tanggal 19 sampai dengan 28 Maret 2018, bertempat di Ruang Rapat Gedung Pulau Nipa Pascasarjana STTAL. Workshop AA dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas  Negeri Surabaya, dengan menghadirkan nama sumber pedagogi profesional, meliputi: Prof. Dr. Rusiono, Prof.Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd, Dr. Wahono Widodo, M.Si, Dr. Euis Ismiyati, M.Pd., Dr. Umi Anugrah Izzati, Dr. Meini Sondang, M.Pd., Dr. Waspodo, M.Pd, Dr. Karwanto, M.Pd, Dr. Danang TM, M.Si, dan Dr. Andi Mariono, M.Pd.

Materi yang diajarkan dan dilatihkan dalam workshop, meliputi: KKNI dan Pendidikan Karakter,  Teori Belajar dan Pembelajaran, Profesi dan Etika Tenaga Pendidik, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Bahan Ajar, Landasan Pendidikan, Pendidikan sebagai Sistem, Model Pembelajaran Inovatif, Keterampilan Dasar Mengajar, Teori dan Praktek Menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan Evaluasi Pembelajaran. Pelaksanaan workshop berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Pada saat menutup kegiatan AA, Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil, mengemukakan bahwa setiap Perwira yang berdinas di STTAL selain untuk mengawaki organisasi juga harus memiliki kemampuan mengajar sehingga workshop AA sangat penting bagi Perwira dalam proses transfer ilmu kepada Mahasiswa, oleh sebab itu dosen STTAL wajib memiliki kompetensi Applied Approach sebagai dasar untuk dapat mengajar di STTAL. Keterampilan dasar mengajar yang telah diperoleh harus bisa diaplikasikan untuk mengajar mahasiswa di kelas sehingga proses dan hasil pembelajaran yang dicapai dapat lebih efektif, efisien dan berdaya tarik.  “Dengan memiliki sertifikasi AA, dosen-dosen STTAL akan menjadi dosen profesional  yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di STTAL sehingga menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan akan tercipta SDM-SDM yang berkualitas pula”, ungkap Komandan STTAL.

(Pen STTAL)

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6