TNI AL Gelar Seminar Nasional di Surabaya

Surabaya, 10 Mei  2017.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-71 tahun 2017, TNI AL menyelenggarakan Seminar Nasional yang dibuka oleh Asrena Kasal Laksda TNI Tri Wahyudi Sukarno, MM mewakili Kasal Laksamana TNI  Ade Supandi, SE., M.AP., di gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) Surabaya, Rabu, (10/5).

Penyelenggaraan seminar nasional  tersebut, bertujuan untuk memberikan masukan  kepada pemerintah tentang urgensi pengembangan system dan teknologi informasi terpadu guna terwujudnya strategi pertahanan Negara di laut yang kuat, efektif dan efisien. Selain itu, seminar yang dihadiri 300 undangan dari kalangan militer, para akademisi dan mahasiswa itu, untuk memberikan gambaran tentang pola gelar dan interoperability system dan teknologi informasi terpadu dalam rangka mendukung strategi pertahanan di laut.

Dalam sambutan tertulisnya, Kasal mengatakan bahwa saat ini kita telah memasuki dimana teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah keniscayaan dan kebutuhan untuk aktivitas manusia. Informasi telah menyebabkan batas teritorial negara hampir tidak ada maknanya, karena hampir setiap saat kita mampu mengakses informasi komunikasi dengan orang lain di belahan dunia manapun.

Dalam bidang pertahanan informasi menjadi dasar pembuatan kebijakan atau menyusun strategi menghadapi ancaman yang ada. Taktik brilian untuk menggempur lawan tidak akan terlahir tanpa adanya informasi yang lengkap dan cepat. Ke depannya tidak hanya informasi tetapi seluruh sensor dan sistem persenjataan akan terhubung secara penuh dalam sebuah lingkungan perencanaan penaksiran yang terintegrasi untuk strategi di lapangan.

Kasal mengajak kepada seluruh peserta untuk memberikan sumbangan ide dan pemikiran yang konstruktif dengan latar belakang keilmuan dan pengalaman para peserta seminar. “Berbagai ide dan pendapat yang muncul dapat dipadukan dan diformulasikan di dalam  langkah-langkah konkrit,” ujarnya

Tampil sebagai pembicara dalam seminar tersebut antara lain,  Asops Kasal Laksda TNI INGN Ary Atmaja, SE., yang membahas tentang “Peluang dan Ancaman Maritim sebagai dampak perkembangan lingkungan strategis Indonesia guna mendukung penyelenggaraan strategi pertahanan negara di laut” dan Mantan Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA., yang membahas tentang “Urgensi kebijakan pembangunan kekuatan dan kemampuan teknologi informasi terpadu dalam mendukuing strategi pertahanan di laut.”

Sedangkan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan, Unhan, Laksda TNI Dr. Amarullah Octavian, ST., M.SC., D.E.S.D.,membahas tentang Pola gelar dan interoperability information technology pada system informasi terpadu pertahanan Negara di laut. dan Dr. Onno Widodo Purba, pakai IT yang membahas tentang “Peran lembaga pendidikan TNI AL dalam ikut serta mengembangkan system dan teknologi informasi terpadu guna mendukung strategi pertahanan Negara di laut”.

Casino Slot - Betmatik Betmatik - intbet Yeni Adresi intbet6