STTAL Surabaya, Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Mukhlis, ST., MM, beserta Kaprodi S2, S1 dan D3 Hidro Oseanografi menghadiri secara offline dan online kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) international yang diselenggarakan oleh Pusat Hidro-oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), Jakarta (Rabu, 31 Agustus 2022).

FGD yang membahas tema ???Cartographic Approach of The Application of Ten Percent Rule of Indonesian Archipelagic Sea Lane (IASL) Passage??? dibuka oleh Kapushidrosal, Laksdya TNI Nur Hidayat selaku Indonesia Chief Hydrographer, diikuti oleh segenap stakeholder nasional bidang Hidrografi, perwakilan dari Kementerian terkait, komunitas kemaritiman dan para akademisi dari berbagai perguruan tinggi.

Dalam Kegiatan FGD tersebut menghadirkan speaker tamu yang berpengalaman, meliputi: Fiona Bloor (Law of the Sea UKHO) dan CDRE Kresno Buntoro, PhD (Deputy Legal Advisor TNI), dengan moderator I Made Andi Arsana, PhD (Gadjah Mada University). Tujuan FGD adalah meningkatkan pemahaman para spesialis kartografer dan kemaritiman dalam menerapkan aturan sepuluh persen untuk peta laut guna menghindari kebingungan dalam bernavigasi berdasarkan IASL.