Diploma

PRODI D3 TEKNIK MESIN

Merancang, Mengembangkan dan Menerapkan Teknologi Permesinan

Menjadi lulusan yang unggul dalam bidang teknologi mesin

Prajurit yang belajar di Program Studi Teknik Mesin akan dibekali dengan kompetensi dalam hal merancang, mengembangkan, dan menerapkan teknologi permesinan di bidang pertahanan dan keamanan negara. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut menyediakan dua jenjang di program studi ini yaitu sarjana dan diploma.

Kami Membangun Lulusan Terbaik Bangsa

News & Activities Berita & Kegiatan

Pembaruan mengenai STTAL seperti jurnal, agenda, laporan dan siaran press akan ditampilkan secara informatif

https://sttal.ac.id/author/admin-sttal/

Upacara Bendera 17 April 2023 di STTAL, Komandan STTAL Sampaikan

TNI AL – STTAL Surabaya, Senin (17 April 2023). Komandan

VISI

Menjadi program pendidikan tinggi Vokasi yang mampu melaksanakan pendidikan, penelitian, perancangan, pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan dan keamanan di bidang teknik mesin dan sistem perkapalan yang unggul, handal dan terkemuka untuk menunjang tugas TNI/TNI AL.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Vokasi DIII teknik mesin dan sistem perkapalan yang mengedepankan dan menjunjung tinggi akademik, moral dan kesamaptaan jasmani dengan berlandaskan kepada Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Trisila TNI AL dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta kurikulum pendidikan yang mampu mengakomodasi dan beradaptasi terhadap perkembangan Iptek permesinan terkini.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pelatihan berkualitas yang menghasilkan Ahli Madya teknik mesin dan sistem perkapalan bagi personel TNI/TNI AL agar mampu merancang, mengembangkan Teknologi Pertahanan Keamanan bidang Permesinan, dan menerapkannya dengan melaksanakan pengabdian di lingkungan kedinasan TNI/TNI AL maupun masyarakat sehingga dapat mewujudkan kemandirian alat utama sistem persenjataan (alutsista).
  3. Menciptakan lingkungan dan suasana pendidikan yang nyaman, aman dan kondusif bagi proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan Keamanan bidang Permesinan dengan berpegang teguh pada disiplin, hierarki dan kehormatan militer.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan teknologi teknik mesin dan sistem perkapalan dengan kualifikasi diploma III, bermoral yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Trisila TNI AL dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta memiliki kesamaptaan jasmani sesuai standar militer.
  2. Menghasilkan tenaga ahli madya bidang teknik mesin dan sistem perkapalan yang menguasai Iptek dan mempunyai keterampilan sesuai bidangnya, mampu bekerjasama, bersikap positif dan berperilaku yang baik dalam menerapkan bidang keahliannya, serta mampu mengembangkan profesinya sesuai dengan kebutuhan khususnya di lingkungan kedinasan TNI/TNI AL dan umumnya di masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki pola berpikir logis dan rasional dengan bekal Iptek teknik mesin dan sistem perkapalan untuk dapat memelihara, merawat, mereparasi, merancang dan mengawasi serta dapat menerapkan Iptek teknik mesin dan sistem perkapalan di lingkungan kedinasan TNI/TNI AL.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memecahkan berbagai masalah teknik mesin dan sistem perkapalan di lingkungan kedinasan TNI/TNI AL dengan menerapkan Ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan keamanan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan.

Belum ada data

Profil Lulusan

  1. Lulusan Mampu menerapkan karakter pribadi yang memiliki etika profesi dan sikap profesional yang tinggi, beriman pada Tuhan YME, dan cinta tanah air
  2. Lulusan Memiliki ketrampilan manajerial di bidang supervisi permesinan dan sistem perkapalan, berjiwa entrepreneurship, memiliki kesadaran terkait pengembangan potensi diri dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  3. Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif dan bekerja secara team.
  4. Lulusan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh saat pendidikan untuk mendesain, menganalisis dan mengevaluasi sistem permesinan dan perkapalan sesuai tempat kedinasan.
  5. Lulusan mampu memahami prinsip dan mekanisme kerja permesinan dan sistem perkapalan dalam rangka mengidentifikasi dan menyelesaikan persoalan permesinan dan perkapalan secara sistematis, kritis, kreatif dan analitis.
  6. Lulusan Memiliki kepribadian, kesehatan dan kesamaptaan jasmani sesuai standar militer.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu memecahkan berbagai masalah di lingkungan kedinasannya dan proaktif terhadap perkembangan Iptek terutama di bidang teknik mesin
  2. Mampu mempelajari teknologi baru dan peralatan modern berbasis teknik mesin
  3. Mampu merancang sistem mekatronik berbasis mikrokontroller dan elektro hidrolik
  4. Mampu menguasai dasar komputer, menggambar teknik sesuai dengan standar ISO, perencanaan dan desain dengan SOLIDWORK, CAD/CAM maupun MASTERCAM dan mengaplikasikan pada mesin CNC
  5. Mampu menyelesaikan tugas perencanaan elemen mesin, menyelesaikan tugas perencanaan sistem hidrolik dan pneumatik serta pengendalian berbasis Komputer
  6. Memiliki kemampuan membangun jaringan dengan mengoptimalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan jaringan internet, peningkatan kemampuan keterampilan social.
  7. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri, berperilaku etis dan profesional, komunikastif dan aspiratif

Stakeholder

  1. Mabel AL
  2. Mabes AU
  3. Komando Armada RI
  4. Kormar
  5. Dislitbangal
  6. Dismatal
  7. Fasharkan

Keunggulan

  1. Lulusan mampu memecahkan berbagai masalah di lingkungan kedinasannya dan proaktif terhadap perkembangan Iptek terutama di bidang teknik mesin dan sistem perkapalan.
  2. Lulusan mampu merancang, merekayasa dan mengembangkan dalam bidang teknik mesin dan sistem perkapalan.
  3. Lulusan mampu menguasai dasar komputer, menggambar teknik dengan AUTOCAD, SOLIDWORK  perencanaan dan desain dengan CAD/CAM maupun MASTERCAM dan mengaplikasikan pada mesin CNC.
  4. Lulusan mampu menyelesaikan tugas perencanaan elemen mesin, juga mampu menyelesaikan tugas perencanaan sistem hidrolik dan pneumatik serta pengendaliannya berbasis Komputer.
  5. Lulusan mampu mengetahui karakteristik material Logam maupun non Logam, mengetahui cara perlakuannya.
  6. Mampu melakukan perawatan terhadap permesinan, sistem pendingin udara maupun kelistrikan.
  7. Lulusan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris (skor TOEFL minimal 450).
  8. Lulusan mampu berkomunikasi baik secara lisan, tulisan atau melalui pemanfaatan jaringan internet.
  9. Lulusan memiliki kemampuan membangun jaringan dengan mengop­timalkan berbagai potensi melalui pemanfaatan jaringan internet, peningkatan kemampuan keterampilan sosial (social skill) dan kemampuan membangun dan mengoptimalkan jaringan (networking skill).
  10. Lulusan memiliki kemampuan beradaptasi (adaptibil­ity) dan kemampuan dalam menjalin hubungan antar pribadi (interpersonal relationship).
  11. Lulusan dapat berpikir dan bersikap profesional, sistematis, terbuka,  mandiri, dapat bekerja sama dalam tim dan berwawasan Iptek.
  12. Lulusan dapat lebih bersosialisasi, berkreatif, menghargai makhluk hidup lainnya termasuk menghargai alam.
  13. Lulusan memiliki kemampuan berorganisasi, kepemimpinan (leadership), mengetahui teknik mempengaruhi orang lain (influence to oth­ers), kemampuan keterampilan komunikasi (communications), serta kemampuan berfikir kreatif & inovatif.

3.68

students

overall student-athelete GPA for Spring 2020

92%

class of 2020

bachelor's recipients were employed or both within six months of

95%

class of 2020

gradueates hold a position related to their degree or career objective